1:45 AM
1


Augmented Reality adalah teknologi yang menambahkan objek 2D atau 3D kedalam dunia nyata. Sehingga objek tersebut seakan-akan berada dalam lingkungan nyata 3D. Augmented Reality banyak sekali digunakan dalam bidang-bidang militer, pendidikan, kesehatan, industry manufaktur, maupun bidang games. Untuk mengetahui kegunaan lebih lanjut tentang augmented reality, anda bisa mencari lewat youtube dan google dengan query “Augmented Reality”. Untuk kali ini, mari kita bahas pemanfaatan AR untuk bidang kesehatan.

Beberapa gadget untuk AR juga dapat digunakan dalam bidang kesehatan. Seperti Google Glass, yang merupakan salat satu gadget yang pernah digunakan untuk kepentingan pembedahan. Tidak hanya gadget, bahkan ada beberapa aplikasi yang sengaja dibangun untuk fokus dibidang kesehatan.

Salah satu penggunaan AR dibidang kesehatan adalah aplikasi EyeDecide yang digunakan untuk media pencerdasan kepada pasien terhadap kondisi mata mereka. Ada juga aplikasi iPad yang dibangun oleh Fraunhofer Institute di Jerman yang dinamakan Medical Image Computing (MEVIS).


Aplikasi selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Evena's Eyes-On Glasses yang bisa membantu perawat menunaikan tugasnya dalam mengecek kondisi aktual pasien. Aplikasi tersebut bermanfaat membantu perawat memasukkan jarum kedalam pembuluh darah tanpa kesusahan. Kemudian, alat akan diproses dan hasil kondisi pasien ditampilkan kedalam bentuk AR.


Semoga dengan semakin majunya zaman dan teknologi, dibarengi juga dengan semakin besarnya tanggung jawab moral sebagai manusia dalam membantu memajukan bidang kesehatan yang bermanfaat langsung dalam kehidupan bermasyarakat.

Irooyan Alfi Aziz
5112100089

1 comments: